RAMADHANI, Putri Winanda (2023) ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 RANDEGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-PUTRI WINANDA RAMADHANI-40219066-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (27kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-PUTRI WINANDA RAMADHANI-40219066-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (958kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-PUTRI WINANDA RAMADHANI-40219066-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-PUTRI WINANDA RAMADHANI-40219066-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-PUTRI WINANDA RAMADHANI-40219066-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-PUTRI WINANDA RAMADHANI-40219066-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-PUTRI WINANDA RAMADHANI-40219066-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (33kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-PUTRI WINANDA RAMADHANI-40219066-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (103kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-PUTRI WINANDA RAMADHANI-40219066-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-PUTRI WINANDA RAMADHANI-40219066-SKROIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan berupa rendahnya karakter siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Randegan yang sedang ditingkatkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembentukan karakter siswa dalam kegiatan pramuka beserta upaya yang dilakukan di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina pramuka dan siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Randegan yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter di Sekolah Dasar Negeri 01 Randegan melalui ekstrakurikuler pramuka meliputi lima karakter, yaitu religius, disiplin, mandiri, kerja keras, tanggung jawab. Karakter disiplin ditunjukkan dengan keharusan siswa datang tepat waktu, mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab, duduk di tempat yan sudah disediakan, menaati peraturan, dan memakai seragam sesuai peraturan. Karakter tanggung jawab ditunjukkan dengan pemberian tugas yang harus dikerjakan dengan baik, bertanggung jawab atas setiap pekerjaan, mengerjakan piket dengan penuh tanggung jawab, dan mengutamakan kerjasama ketika mengerjakan tugas kelompok. Karakter religius ditunjukkan dengan mengajarkan siswa taat beribadah, tidak melakukan perbuatan yang dilarang agama, cinta damai, sikap toleransi, dan anti kekerasan. Karakter kerja keras ditunjukkan dengan mengajarkan siswa bersemangat dalam mengikuti kegiatan, pantang menyerah, teliti, sebaikmungkin, dan tekun dalam mengerjakan tugas. Karakter mandiri ditunjukkan dengan menuntut siswa untuk berinisiatif, mengerjakan tugas tanpa bergantung pada orang lain, berpikir kreatif, berani, dan tidak rendah diri dalam mengikuti kegiatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Ekstrakurikuler, Pramuka |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 369 Aneka Ragam Perkumpulan; Pramuka, Pecinta Alam, Karang Taruna, dll 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:16 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:16 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1555 |
Actions (login required)
View Item |