LAELI, Rizqi Nur (2023) ANALISIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI PERMULAAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PRUWATAN 03 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-RIZQI NUR LAELI-40219068-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (16kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-RIZQI NUR LAELI-40219068-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (468kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-RIZQI NUR LAELI-40219068-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (198kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-RIZQI NUR LAELI-40219068-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (306kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-RIZQI NUR LAELI-40219068-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-RIZQI NUR LAELI-40219068-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-RIZQI NUR LAELI-40219068-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (112kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-RIZQI NUR LAELI-40219068-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (41kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-RIZQI NUR LAELI-40219068-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-RIZQI NUR LAELI-40219068-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan literasi permulaan peserta didik serta nilai rata-rata KKM minat belajar dan literasi permulaan dalam pelajaran bahasa Indonesia masih kurang. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan pendekatan whole language dalam meningkatkan keterampilan literasi permulaan siswa kelas IV SD Negeri Pruwatan 03. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observas dan tes. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data. Hasil perolehan literasi melalui tes setelah guru menerapkan pendekatan whole language dalam pembelajaran bahasa Indonesia mengalami peningkatan yaitu rata-rata nilai 32 siswa meningkat menjadi 76 dibandingkan dari sebelum penerapan yaitu rata-rata nilai 32 siswa sebesar 60, dan keterampilan membaca siswa setelah menerapkan pendekatan whole language dari 32 sudah dapat membaca lancar. Sedangkan langkah-langkah penerapan pendekatan whole language sudah sesuai dengan tahapan. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan whole language di kelas IV SD Negeri Pruwatan 03 sudah baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Whole Language, Pembelajaran, Literasi Permulaan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:16 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:16 |
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1562 |
Actions (login required)
View Item |