Rahmah, Annida Awaliani (2017) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN TIMBANGAN PLSV TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 02 BUMIAYU. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40313004_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 June 2018. Download (745kB) |
|
Text
40313004_BAB1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 June 2018. Download (503kB) |
|
Text
40313004_BAB2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 June 2018. Download (521kB) |
|
Text
40313004_BAB3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (468kB) |
|
Text
40313004_BAB4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (495kB) |
|
Text
40313004_BAB5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (204kB) |
|
Text
40313004_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (188kB) |
|
Text
40313004_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika masih rendah, hal ini ditunjukan dengan hasil dari soal investigasi yang masih belum tepat. Selain rendahnya kemampuan pemecahan masalah, siswa juga kurang terhadap kemampuan berpikir kreatif. Faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan belum tepat. Model pembelajaran yang mampu memperbaiki kemampuan berpikir kreatif sekaligus memperbaiki kemampuan pemecahan masalah adalah model Problem Based Learning (PBL) berbantuan timbangan PLSV pada materi Persamaan Linear Satu Variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 02 Bumiayu dengan sampel VII G sebagai kelas eksperimen dan VII H sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan proporsi, uji beda rata, dan uji regresi. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa ketuntasan kemampuan pemecahan masalah mencapai 75 dan prosentase mencapai 75% dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah materi PLSV melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan timbangan PLSV mencapai 83,24 dan prosentase ketuntasan sebesar 88,23%. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan timbangan PLSV yaitu 83,24, lebih baik dari pada rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model ekspositori yang hanya mencapai 58,90. Terdapat pengaruh positif keterampilan proses dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan timbangan PLSV yaitu sebesar 32,2%. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan timbangan PLSV efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi persamaan linear satu variabel.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning (PBL), kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, timbangan PLSV |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 21 May 2017 04:16 |
Last Modified: | 21 May 2017 04:16 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/157 |
Actions (login required)
View Item |