MAOLIDIA, Tiara Sinta (2023) ANALISIS KEBERHASILAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA SD NEGERI BENTARSARI 02 KEC. SALEM KAB. BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK TIARA SINTA MAOLIDIA 40219077 SKRIPSI 2023.docx - Published Version Download (28kB) |
|
PDF (COVER)
COVER TIARA SINTA MAOLIDIA 40219077 SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Download (555kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I TIARA SINTA MAOLIDIA 40219077 SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II TIARA SINTA MAOLIDIA 40219077 SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Download (164kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III TIARA SINTA MAOLIDIA 40219077 SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV TIARA SINTA MAOLIDIA 40219077 SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB V TIARA SINTA MAOLIDIA 40219077 SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Download (32kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA TIARA SINTA MAOLIDIA 40219077 SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Download (36kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN TIARA SINTA MAOLIDIA 40219077 SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL TIARA SINTA MAOLIDIA 40219077 SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya peningkatan litersi siswa di Sekolah Dasar Negeri Bentarsari 2 Salem melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sejauh mana proses keberhasilan GLS pada proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik Triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses GLS di Sekolah Dasar Negeri Bentarsari 2 Salem melibatkan tiga tahap utama. Pertama, tahap pmbiasaan dengan melibatkan poster. Kedua, tahap mengembangkan minat dengan cara mendorong siswa untuk membaca dengan serius. Ketiga, tahap pembelajaran berbasis literasi yang dilakukan dengan mengembangkan kemmapuan siswa dalam memahami dan mengekspresikan isi bacaan melali cerita dan tulisan. Kegiatan ini meraih keberhasilan yang dilihat dari dampak positif gerakan literasi membaca. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya dukungan aktif kepala sekolah dan guru dalam mendukung Gerakan literasi sekolah (GLS), dengan harapan hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Keberhasilan, Sekolah Dasar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 04:15 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 04:15 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1570 |
Actions (login required)
View Item |