RAHMAWATI, Yofita (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SAMUDRA KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Yofita_Rahmawati-40219082-Skripsi-2023[1].docx - Published Version Download (15kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-Yofita_Rahmawati-40219082-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (507kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Yofita Rahmawati-40219082-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (160kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Yofita Rahmawati-40219082-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (190kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Yofita Rahmawati-40219082-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Yofita Rahmawati-40219082-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Yofita Rahmawati-40219082-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (85kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Yofita Rahmawati-40219082-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (167kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Yofita_Rahmawati-40219082-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Yofita Rahmawati-40219082-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya suatu model pembelajaran yang dinilai dapat mengatasi permasalahan pada saat siswa kesulitan memecahkan soal cerita pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem posing berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SD Negeri 1 Samudra Kulon. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain pre-experimental design yaitu one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Samudra Kulon, dan sampel penelitiannya siswa kelas V SD Negeri 1 Samudra Kulon. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Uji prasyarat menunjukan data pretest-posttest berdistribusi normal. Uji Paired Simple t-test nilai sig. 2-tailed adalah 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak, atau Ha diterima. Kemudian uji N-Gain pada penelitian ini nilai N-Gain skor 0,70 ≤ 0,7681 ≤ 1,00 berkriteria tinggi dan nlai N-Gain persen 76,8% > 76%. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran problem posing berbantuan video animasi efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Samudra Kulon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 04:15 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 04:15 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1574 |
Actions (login required)
View Item |