SETIANINGRUM, Putri Alviani (2023) PENGARUH DONGENG BERBANTUAN ROLE PLAY TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS IV A SD MUHAMMADIYAH BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Putri Alviani Setianingrum-40219063-Skripsi-2023.docx - Published Version Download (15kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-Putri Alviani Setianingrum-40219063-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (863kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Putri Alviani Setianingrum-40219063-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (288kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Putri Alviani Setianingrum-40219063-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (510kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Putri Alviani Setianingrum-40219063-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Putri Alviani Setianingrum-40219063-Skrispi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (713kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Putri Alviani Setianingrum-40219063-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (263kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Putri Alviani Setianingrum-40219063-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Putri Alviani Setianingrum-40219063-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang pendidikan karakter yang dimiliki siswa seperti kurangnya bersikap sopan terhadap orang lain, mengejek teman, merokok, dan lain-lain. Penelitian ini dilaksanakan di bulan Agustus 2023 dengan subjek penelitian yaitu kelas IV yang berjumlah 26 siswa, tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan dongeng berbantuan role play. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pre-exsperimental dengan design One-Group Pretest-Posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Regresi Liner Sederhana dan Paired Sampel T-test dengan diperoleh hasil uji regresi Sig. 0.00 berdasarkan uji hipotesis tersebut di dapatkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dari hasil tersebut berarti di tolak diterima dapat di nyatakan metode dongeng berbantuan role play berpengaruh terhadap karakter siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bumiayu. Sedangkan Uji Paired Sampel T-test memperoleh hasil 0,000 < 0,05 memperoleh rata rata artinya terdapat perbedaan dengan uji Paired sampel T test dengan diperoleh hasil uji regresi Sig. 0.00 dan di peroleh rata-rata (Mean) dari uji paired sampel T-test sebelum di beri perlakuan sebesar 58,9% dan rata-rata sesudah di beri perlakuan sebesar 81,6% berarti mengalami perbedaan rata-rata sebesar 22,7%, berdasarkan kedua uji hipotesis tersebut di dapatkan nilai Sig. 0,000 > 0,05 dari hasil tersebut berarti di tolak diterima dapat di nyatakan Dongeng berbantuan role play berpengaruh terhadap karakter siswa dan adanya perbedaan pada karakter siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bumiayu.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dongeng Berbantuan Role Play, Karakter |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 514 not found. |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 04:15 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 04:15 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1575 |
Actions (login required)
View Item |