Zakiyatun, Mutiya (2016) EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI SE KECAMATAN TONJONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
This is the latest version of this item.
Text
40212102_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 June 2018. Download (302kB) |
|
Text
40212102_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 June 2018. Download (67kB) |
|
Text
40212102_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (104kB) |
|
Text
40212102_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (358kB) |
|
Text
40212102_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (316kB) |
|
Text
40212102_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (51kB) |
|
Text
40212102_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (52kB) |
|
Text
40212102_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil UH siswa kelas IV diketahui bahwa rata-rata nilai UH IPA siswa masih rendah. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran CTL dengan metode permainan. Dengan merumuskan masalah apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL dengan metode permainan terhadap hasil belajar IPA dapat dikatakan efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifitasan pembelajaran menggunakan model CTL dengan metode permainan terhadap hasil belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Desing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV se Kecamatan Tonjong. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen SDN Purbayasa dan kelas kontrol SDN Kutayu 02 yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Nilai rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen adalah sebesar 79 dan nilai rata-rata tes hasil belajar kelas kontol adalah sebesar 71,6. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen melampaui 65 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = 49,63788 + 0,52056 X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan aktivitas siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebasar 73%. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dengan metode permainan efektif terhadap hasil belajar materi sumber energi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model CTL dengan Metode Permainan, Ilmu Pendidikan Alam, Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Energi |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 18 Jun 2017 13:50 |
Last Modified: | 18 Jun 2017 14:50 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/167 |
Available Versions of this Item
-
EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI SE KECAMATAN TONJONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. (deposited 18 Jun 2017 14:49)
- EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI SE KECAMATAN TONJONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. (deposited 18 Jun 2017 13:50) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |