Anggreyani, Fika (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK KERABAT KITA BUMIAYU. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40313016_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 June 2018. Download (331kB) |
|
Text
40313016_BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 June 2018. Download (32kB) |
|
Text
40313016_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (69kB) |
|
Text
40313016_BAB 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (31kB) |
|
Text
40313016_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (105kB) |
|
Text
40313016_BAB 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (22kB) |
|
Text
40313016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (17kB) |
|
Text
40313016_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (1MB) |
Abstract
Penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran matematika belum bisa secara penuh membantu siswa mengembangkan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bentuk pendidikan karakter yang komprehensif di SMK Kerabat Kita Bumiyu, 2) Mengetahui cara guru mengintregasikan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran matematika di SMK Kerabat Kita Bumiayu, 3) Mengetahui hambatan yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran matematika di SMK Kerabat Kita Bumiayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif, subjek penelitiannya dalah guru matematika kelas XI ottotronik SMK Kerabat Kita Bumiayu, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, untuk teknik keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi data, dan teknik analisis data menggunakan teknik Reduksi,Display dan Pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa pendidikan karakter secara komprehensif dilakukan dalam 3 bentuk kegiatan yaitu : a) Proses pembelajaran; b) Manajamen sekolah; dan c) Kegiatan pembinaan kesiswaan. Integrasi pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran Matematika di SMK Kerabat Kita Bumiayu dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Adapun hambatan yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran matematika adalah kurangnya pemahaman guru dalam penerapan pendidikan karakter pada pemebelajaran matematika, karakteristik siswa yang berbeda, dan waktu kurang efisien. Saran yang dapat peneliti berikan adalah Diadakannya pelatihan khusus dalam penerapan pendidikan karakter sehingga guru mampu mengembangkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, pendidikan karakter |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 18 Jun 2017 13:49 |
Last Modified: | 18 Jun 2017 13:49 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/171 |
Actions (login required)
View Item |