Shoufia, Maya (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA JAM KALKULATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN KELAS 1 SD NEGERI KARANGJONGKENG 01 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213180_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2018. Download (939kB) |
|
Text
40213180_Bab1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2018. Download (69kB) |
|
Text
40213180_Bab2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2018. Download (310kB) |
|
Text
40213180_Bab3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2018. Download (181kB) |
|
Text
40213180_Bab4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2018. Download (501kB) |
|
Text
40213180_Bab5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2018. Download (65kB) |
|
Text
40213180_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2018. Download (85kB) |
|
Text
40213180_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2018. Download (10MB) |
|
Text
40213180_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2018. Download (459kB) |
Abstract
Hasil belajar kognitif matematika pada materi penjumlahan kelas 1 SD Negeri Karangjongkeng 01 masih rendah. Hal ini dikarenakan tidak adanya alat peraga inovatif dan menarik yang dapat membantu siswa memahami konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan alat peraga jam kalkulator yang berkualitas baik dengan kriteria valid, praktis dan efektif, serta untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga jam kalkulator materi penjumlahan kelas 1 SD Negeri Karangjongkeng 01. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi oleh pengembangan model Plomp yang terdiri dari lima tahap yaitu fase investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, dan tes, evaluasi, revisi, serta implementasi. Data penelitian ini diperoleh menggunakan angket kevalidan, wawancara kepraktisan, angket keefektifan, serta hasil belajar kognitif pretest dan posttest. Hasil pengembangan alat peraga jam kalkulator yaitu hasi dari kevalidan mendapatkan nilai rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. Hasil wawancara kepraktisan dapat disimpulkan bahwa alat peraga jam kalkulator bisa digunakan di SD Negeri Karangjongkeng 01. Hasil keefektifan pada uji coba terbatas mendapatkan nilai rata-rata 4,6 dengan kategori sangat baik. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif. Rata-rata hasil belajar kognitif pretest sebesar 66 dan posttest sebesar 81,5. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif matematika yaitu 70 dengan proporsi siswa yang tuntas melampaui 75%. Pengujian uji beda rata-rata menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, sehingga alat peraga jam kalkulator efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif matematika materi penjumlahan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga Jam Kalkulator, Hasil Belajar Kognitif Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 18 Jun 2017 13:47 |
Last Modified: | 18 Jun 2017 13:48 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/172 |
Actions (login required)
View Item |