Aryanti, Puput (2016) NEWMAN'S ERROR ANALYSIS (NEA)PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI DUKUHTURI 01 KECMATAN BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212075_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (3MB) |
|
Text
40212075_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (3MB) |
|
Text
40212075_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (5MB) |
|
Text
40212075_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (3MB) |
|
Text
40212075_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (10MB) |
|
Text
40212075_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (1MB) |
|
Text
40212075_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (1MB) |
|
Text
40212075_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (21MB) |
Abstract
Volume bangun ruang adalah salah satu materi yang dipelajari dalam matematika di SD. Hasil observasi awal dan wawancara dengan guru kelas V SD Negeri Dukuhturi 01 menunjukan bahwa siswa kelas V dalam mengerjakan soal volume bangun ruang dalam bentuk soal cerita banyak melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut dapat diketahui melalui prosedur “Newman’s Error Analysis (NEA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi volume bangun ruang berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data mengunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan untuk soal yang cenderung mudah siswa paling banyak melakukan kasalahan tipe penarikan kesimpulan dengan persentase sebesar 62,5%, kesalahan tipe memahami 12,5%, kesalahan tipe membaca 6,25%, kesalahan tipe transformasi 6,25%, dan kesalahan tipe keterampilan proses 0%. Untuk soal yang cenderung lebih rumit, siswa melakukan kesalahan pada tipe transformasi dengan persentase 62,5%, kesalahan tipe memahami 31,25%, kesalahan tipe memahami 6,25%, kesalahan tipe keterampilan proses dan penarikan kesimpulan 0%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Volume bangun ruang, kesalahan siswa, prosedur Newman |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 18 Jun 2017 14:48 |
Last Modified: | 18 Jun 2017 14:49 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/174 |
Actions (login required)
View Item |