Oktarina, Sevia (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM POSING TYPE POST SOLUTION POSING BERBANTUAN ARISAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA OPERASI HITUNG BILANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI KALIJURANG 03. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212037_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (253kB) |
|
Text
40212037_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (69kB) |
|
Text
40212037_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (335kB) |
|
Text
40212037_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (168kB) |
|
Text
40212037_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (209kB) |
|
Text
40212037_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (50kB) |
|
Text
40212037_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (50kB) |
|
Text
40212037_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa rendahnya minat peserta didik mengikuti pelajaran matematika, peserta didik menganggap matematika mata pelajaran yang sulit, dan proses pembelajaran berpusat pada guru, dikarenakan guru masih menggunakan model konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata hasil belajar peserta didik pada operasi hitung bilangan dengan model Probem Posing Type Post Solution Posing berbantuan arisan soal, dan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar peserta didik dengan model Problem Posing Type Post Solution Posing berbantuan arisan soal terhadap hasil belajar peserta didik pada operasi hitung bilangan peserta didik kelas V SD Negeri Kalijurang 03. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, teknik sampling yang digunakan adalah sampel random sampling, sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yaitu siswa kelas V, dan data sekunder yang berasal dari dokumentasi, dan hasil pretest dan posttest, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis butir instrumen (taraf kesukaran dan daya pembeda), uji hipotesis (uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan regresi linier sederhana) dan prosedur dalam penelitian ini melalui tahap penelitian ke lokasi penelitian dan tahap pelaksanaan penelitian mulai penyiapan instrumen, uji coba di kelas VI, pemberian pretest, pelaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen, pemberian posttest, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada operasi hitung bilangan dengan model Problem Posing Type Post Solution Posing berbantuan arisan soal melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) baik secara individual maupun klasikal. Pengaruh tersebut telah dibuktikan dengan uji regresi linier sederhana yaitu thitung 6.606 dengan nilai ttabel lebih kecil yaitu 2.086. Taraf signifikansi yang digunakan 5% dan nilai thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan korelasi (R) adalah 0.828 yang memiliki arti pengaruh sangat kuat, maka dihasilkan koefisien determinasi (R2) adalah 0.686 yang memiliki arti bahwa penggunaan model Problem Posing Type Post Solution Posing berbantuan arisan soal memiliki pengaruh sebesar 68,6% terhadap hasil belajar peserta didik pada operasi hitung bilangan siswa kelas V SD Negeri Kalijurang 03.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Posing, Berbantuan Arisan Soal, Hasil Belajar, Operasi Hitung Bilangan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 14:03 |
Last Modified: | 19 Jun 2017 14:03 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/176 |
Actions (login required)
View Item |