Rahma, Hilda Aini (2017) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 PADA MATERI SIMETRI LIPAT DAN PUTAR DI SD NEGERI BUMIAYU 04 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213012_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (1MB) |
|
Text
40213012_Bab 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (212kB) |
|
Text
40213012_Bab 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (143kB) |
|
Text
40213012_Bab 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (402kB) |
|
Text
40213012_Bab 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (261kB) |
|
Text
40213012_Bab 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (194kB) |
|
Text
40213012_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (206kB) |
|
Text
40213012_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (216kB) |
|
Text
40213012_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini ialah interaksi antara guru dan siswa kelas 3 rendah saat proses pembelajaran matematika pada materi simetri lipat dan putar sehingga rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD Negeri Bumiayu 04 tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh interaksi edukatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD Negeri Bumiayu 04 tahun pelajaran 2016-2017. 2) rata-rata siswa sudah mencapai KKM atau belum. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas 3 SD Negeri Bumiayu 04. Sampelnya ialah siswa kelas 3 yang berjumlah 22 anak. Teknik samplingnya menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis I (regresi linear sederhana) dan uji hipotesis II (uji individual). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh interaksi edukatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD Negeri Bumiayu 04 tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian dilihat dari hasil perhitungan f hitung lebih besar dari f tabel atau 96,63 > 4,35 untuk signifikasi 5 % atau 0,05. 2) Rata-rata siswa kelas 3 sudah mencapai KKM. Hasil penelitian dilihat dari t hitung ≥ t tabel (1,77 ≥ 1,72).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaksi edukatif, hasil belajar matematika |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 13:03 |
Last Modified: | 24 Jul 2017 12:00 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/181 |
Actions (login required)
View Item |