Nurhayati, Nunung (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE InSTAD (Integrasi Sintaks Inkuiri dan STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI TRANSPLANTASI TERUMBU KARANG KELAS IV SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213164_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (1MB) |
|
Text
40213164_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (33kB) |
|
Text
40213164_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (148kB) |
|
Text
40213164_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (142kB) |
|
Text
40213164_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (137kB) |
|
Text
40213164_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (20kB) |
|
Text
40213164_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (28kB) |
|
Text
40313164_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (8MB) |
|
Text
40213164_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (94kB) |
Abstract
Pembelajaran IPA di SD berhubungan dengan mencari informasi tentang alam semesta dengan menggunakan metode ilmiah, sehingga IPA bukan sekedar penguasaan konsep tetapi juga proses penemuan. Pembelajaran IPA di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu masih menggunakan metode konvensional dan berdampak pada hasil belajar peserta didik yang relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe InSTAD terhadap hasil belajar IPA materi transplantasi terumbu karang kelas IV SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, yaitu kelas IVB yang berjumlah 23 peserta didik. Pengambilan data menggunakan instrumen observasi dan tes yaitu tes hasil belajar IPA yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh variabel independen dan variabel dependen, sebesar 85,80% sedangkan sisanya 14,19% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji korelasi diperoleh rhitung>rtabel (0,926>0,433). Persamaan regresi linear yang diperoleh yaitu 23,103+0,939x dan thitung>ttabel (11,268>2,080). Hasil uji F diperoleh FSign(hitung)>Ftabel (127,88>4,32), FLinier(hitung)<Ftabel (1,801<5,84). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe InSTAD (Integrasi Sintaks Inkuiri dan STAD) terhadap hasil belajar IPA materi transplantasi terumbu karang kelas IV SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif, Inkuiri dan STAD, Hasil Belajar, Terumbu Karang |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 13:37 |
Last Modified: | 06 Jul 2017 13:37 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/182 |
Actions (login required)
View Item |