Faradilla, Fahmi (2017) KONTRIBUSI PENERAPAN MEDEL PEMBELAJARAN TEMATIK BEBASIS LINGKUNGAN PADA KEMAMPUAN CALISTUNG SISWA KELAS II SDN PUWODADI 02 KECAMATAN TONJONG. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213011_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (501kB) |
|
Text
40213011_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (136kB) |
|
Text
40213011_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (225kB) |
|
Text
40213011_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (99kB) |
|
Text
40213011_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (191kB) |
|
Text
40213011_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (97kB) |
|
Text
40213011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (69kB) |
|
Text
40213011_ARTIKEL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (82kB) |
|
Text
40213011_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini diletarbelakangi oleh adanya penerapan model pembelajaran tematik berbasis di SDN Purwodadi 02. Penelitian ini difokuskan pada kontribusi model pembelajaran tematik berbasis lingkungan pada kemampuan calistung siswa kelas II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi model pembelajaran tematik berbasis lingkungan pada kemampuan calistung siswa kelas II SDN Purwodadi 02 Kecamatan Tonjong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan 11 siswa kelas II SDN Purwodadi 02. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perencanaan pembelajaran guru kelas II sudah menggunakan RPP tematik. Kegiatan pembelajaran di kelas II sudah menggunakan model pembelajaran tematik berbasis lingkungan. Pada tahap penilaian, guru sudah menggunakan model penilaian tematik, tetapi lebih difokuskan pada penilaian calistung. Model pembelajaran tematik berbasis lingkungan memberikan kontribusi pada kemampuan calistung siswa kelas II. Saran yang diajukan pada guru kelas II adalah selalu konsisten dalam menerapkan model pembelajaran tematik berbasis lingkungan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Tematik, Lingkungan, Calistung |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 22 Jul 2017 13:46 |
Last Modified: | 22 Jul 2017 13:46 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/188 |
Actions (login required)
View Item |