Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI KELAS IV SD NEGERI BANGBAYANG 03 KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Zulaeha, Zulaeha (2017) PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI KELAS IV SD NEGERI BANGBAYANG 03 KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40213090_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2018.

Download (1MB)
[img] Text
40213090_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2018.

Download (187kB)
[img] Text
40213090_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (250kB)
[img] Text
40213090_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (311kB)
[img] Text
40213090_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (297kB)
[img] Text
40213090_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (88kB)
[img] Text
40213090_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (263kB)
[img] Text
40213090_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (315kB)
[img] Text
40213090_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri Bangbayang 03. Hal ini ditunjukan dengan hasil penilaian karangan narasi kelas IV SD Negeri Bangbayang 03 dari jumlah siswa sebanyak 11 anak, hanya 3 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM, rendahnya keterampilan menulis narasi disebabkan oleh siswa yang kurang antusias dan siswa masih merasa bingung dalam menggungkapkan gagasannya. Berdasarkan permasalah tersebut peneliti berupaya untuk mengatasi masalah yang dialami oleh siswa dengan menggunakan media komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap keterampilan menulis narasi kelas IV SD Negeri Bangbayang 03 Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan melakukan perhitungan statistik. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa media komik mempengaruhi keterampilan menulis narasi dengan koefisien determinasi sebesar 0,782 atau 78,2%. Simpulan dalam penelitian adalah media komik berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi sebesar 78,2%. Peneliti menyarankan guru untuk meningkatkan pembelajaran yang menarik. Guru dapat menggunakan media pembelajaran agar partisipasi siswa semakin aktif di kelas sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa, sedangkan siswa disarankan untuk mengembangkan keterampilan menulisnya karena hal tersebut memiliki banyak manfaat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Narasi, Media Komik
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 24 Jul 2017 11:50
Last Modified: 24 Jul 2017 11:50
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item