IMAMATUL, JANAH (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJAAN CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION)TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS V SD NEGERI KALILOKA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213014_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (950kB) |
|
Text
40213014_BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2018. Download (215kB) |
|
Text
40213014_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (270kB) |
|
Text
40213014_BAB 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (499kB) |
|
Text
40213014_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (388kB) |
|
Text
40213014_BAB 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (91kB) |
|
Text
40213014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (206kB) |
|
Text
40213014_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2018. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan masalah yang ada di kelas V SD Negeri Kaliloka Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2016/2017, yaitu hasil belajar siswa pada ranah kognitif Bahasa Jawa materi Cerita Legenda 50% di bawah rata-rata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap hasil belajar bahasa jawa kelas V SD Negeri Kaliloka. Penelitian menggunakan pendekatan pre-eksperimen one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian seluruh kelas V SD Negeri Kaliloka dengan teknik sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data tes, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara model pembelajaran Kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap hasil belajar bahasa jawa sebesar 0,725 atau 72,5% dengan Fhitung 58.000 > Ftabel 4.30 dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh model Kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap hasil belajar Bahasa Jawa materi Cerita Legenda kelas V SDN Kaliloka.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, CIRC, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > Bahasa Jawa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 13:38 |
Last Modified: | 24 Jul 2017 13:38 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/197 |
Actions (login required)
View Item |