Nurlaeli (40212052), Aisah (2016) PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ALUMNI JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) UNIVERSITAS PERADABAN (Studi Kasus Kepala Sekolah SD di Kecamatan Paguyangan). Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40212052_Hal Depan.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text
40212052_BAB I.pdf Restricted to Registered users only until 30 December 2017. Download (80kB) |
||
Text
40212052_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 30 December 2017. Download (144kB) |
||
Text
40212052_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 30 December 2017. Download (88kB) |
||
Text
40212052_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 30 December 2017. Download (339kB) |
||
Text
40212052_BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 30 December 2017. Download (67kB) |
||
Text
40212052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 30 December 2017. Download (67kB) |
Abstract
Aisah Nurlaeli. 40212052. 2016. Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Alumni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Peradaban (Studi Kasus Kepala Sekolah SD Dikecamatan Paguyangan). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bumiayu: Universitas Peradaban. Pembimbing Ahmad Rifai Zen, S.Fil, M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi adanya alumni PGSD Universitas Peradaban yang mengajar di Sekolah Dasar (SD) wilayah UPTD Kecamatan Paguyangan. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru alumni PGSD Universitas Peradaban. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu tujuh kepala SD wilayah UPTD kecamatan Paguyangan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semi terstruktur, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik dari alumni PGSD Universitas Peradaban sudah baik yaitu alumni sudah mampu memahami siswa secara mendalam, alumni juga dapat merancang pembelajaran termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran walaupun dalam kurikulum 2013, guru dalam mengajar sudah difasilitasi RPP oleh sekolah. Namun secara kenyataannya dalam penggunaan strategi pembelajaran, alumni sudah mengubah strategi tersebut sesuai dengan kebutuhan siswa. Kemudian dalam melaksanakan pembelajaran, alumni juga sudah mampu mengelola kelas. Untuk mengetahui tingkat ketercapaian pembelajaran, alumni juga melakukan evaluasi kepada siswa. Namun secara rancangan dan secara administrasi, alumni belum memiliki catatan yang runtut. Alumni juga ikut serta dalam mengembangkan potensi yang ada pada siswa yaitu membimbing dan melatih beberapa siswa yang akan mengikuti perlombaan. Selanjutnya mengenai kompetensi profesional yang peneliti peroleh yaitu alumni sudah menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi serta dalam menguasai stuktur dan metode keilmuan, alumni juga sudah memiliki kreatifitas dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 08:53 |
Last Modified: | 23 Apr 2017 14:41 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/20 |
Actions (login required)
View Item |