Ristiani, Sri (2017) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU DI SD NEGERI KALILANGKAP 01 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213079_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
|
Text
40213079_Bab1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (34kB) |
|
Text
40213079_Bab2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (87kB) |
|
Text
40213079_Bab3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (97kB) |
|
Text
40213079_Bab4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (135kB) |
|
Text
40213079_Bab5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (21kB) |
|
Text
40213079_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (19kB) |
|
Text
40213079_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (5MB) |
|
Text
40213079_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (63kB) |
Abstract
Hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas IV SD Negeri Kalilangkap 01 mengatakan bahwa siswa kelas IV memiliki ketuntasan belajar yang rendah pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema tempat tinggalku di SD Negeri Kalilangkap 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 16 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Validasi instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalilangkap 01 dengan persamaan regresi yaitu Ŷ = 37,231 + 0,625 X. Besarnya pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalilangkap 01 dengan nilai R Square sebesar 55,3 % dan 44,7 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Quantum Teaching, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Users 6 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 10:47 |
Last Modified: | 25 Jul 2017 14:15 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/202 |
Actions (login required)
View Item |