Parwati, Ida (2017) EFEKTIVITAS MODEL GUIDE DISCOVERY LEARNING (GDL) BERBANTUAN MAGIC BOXE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40313018_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
|
Text
40313018_BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (364kB) |
|
Text
40313018_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (380kB) |
|
Text
40313018_BAB 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (455kB) |
|
Text
40313018_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (466kB) |
|
Text
40313018_BAB 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (87kB) |
|
Text
40313018_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (159kB) |
|
Text
40313018_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (5MB) |
Abstract
Salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Paguyangan adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian menggunakan model Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan Magic Box untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan Magic Box terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan pendekatan eksperimen dan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Paguyangan tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Data dianalisis menggunakan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana dengan SPSS. 16.0. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melampaui 78 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 85,16 lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol yaitu 77,00. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y ̂=0,039+1,183x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 66%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan model Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan Magic Box efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Guided Discovery Learning (GDL) Berbantuan Magic Box, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 30 Jul 2017 12:28 |
Last Modified: | 30 Jul 2017 12:28 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/216 |
Actions (login required)
View Item |