Hidayanti, Dwi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI JAMASIH 01 KEC. KETANGGUNGAN KAB. BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213059_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (184kB) |
|
Text
40213059_Bab1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (39kB) |
|
Text
40213059_Bab2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (68kB) |
|
Text
40213059_Bab3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (46kB) |
|
Text
40213059_Bab4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (99kB) |
|
Text
40213059_Bab5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (20kB) |
|
Text
40213059_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (14kB) |
|
Text
40213059_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (5MB) |
|
Text
40213059_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (44kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa yang memperoleh nilai (60). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instrction terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Jamasih 01 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Jamasih 01 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar IPS. Berdasarkan tabel Model Summary, dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh yang ditimbulkan adalah sebesar nilai R Square × 100 %, yaitu 0,781 × 100 % = 78,10 %. Sementara itu, 21,90% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa Model pembelajran Explicit Instruction berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siwa kelas IV SD Negeri Jamasih 01.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Model Explicit Instruction, Hasil belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 11:58 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 11:58 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/222 |
Actions (login required)
View Item |