Nilawati, Erna (2017) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN TEKNOLOGI DI SDN KALILOKA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213010_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (545kB) |
|
Text
40213010_BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (285kB) |
|
Text
40213010_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (427kB) |
|
Text
40213010_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (618kB) |
|
Text
40213010_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (510kB) |
|
Text
40213010_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (151kB) |
|
Text
40213010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (182kB) |
|
Text
40213010_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (7MB) |
|
Text
40213010_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (267kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas IV SDN Kaliloka Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes, menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar kognitif pada materi sumber daya alam dan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-experiment dengan one group prtest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Kaliloka tahun pelajaran 2016/2017. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif yang terdiri dari kategori pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes melalui soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan, bahwa besarnya pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif sebesar 53% dengan signifikansi 0,0001 < 0,05 maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV materi sumber daya alam dan teknologi di SDN Kaliloka.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Model Project Based Learning, Hasil Belajar, Kognitif |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 11:58 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 11:58 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/223 |
Actions (login required)
View Item |