Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Safitri, Dian (2017) EFEKTIVITAS MODEL ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40313008_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (1MB)
[img] Text
40313008_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (320kB)
[img] Text
40313008_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (499kB)
[img] Text
40313008_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (565kB)
[img] Text
40313008_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (586kB)
[img] Text
40313008_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (170kB)
[img] Text
40313008_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (251kB)
[img] Text
40313008_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (12MB)
[img] Text
40313008_ARTIKEL_JURNAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (341kB)

Abstract

Hasil UAS semester 1 mata pelajaran matematika kelas VII MTs Ma’arif NU 01 Pekuncen tahun pelajaran 2016/2017 menunjukkan bahwa nilai UAS siswa masih dibawah standar KKM yaitu 70. Kemudian dilakukan analisis terhadap jawaban soal ulangan semester gasal kelas VII dan diperoleh Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Setelah dilakukan observasi terhadap siswa dan wawancara terhadap guru matematika, ternyata ketrampilan proses siswa juga rendah. Jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan eksperimen, dengan desain Control Group Posttest-Only Design. Populasinya siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 01 Pekuncen. Sampelnya yaitu kelas eksperimen VII D, kelas kontrol VII B, dan kelas uji coba VIII B, dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan datanya dengan mengunakan uji ketuntasan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, uji proporsi ketuntasan rata-rata, uji beda rata-rata dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melampaui 70 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 80,83 lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 48,33. Uji regresi sederhana diperoleh diperoleh persamaan regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 90,1%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan Active Learning tipe Peer Lesson bermuatan etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi segi empat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa, Keterampilan Proses, Model Active learning tipe Peer Lesson bermuatan etnomatematika.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 14 Aug 2017 11:42
Last Modified: 14 Aug 2017 11:42
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item