Rahayu, Anggun Putri (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BUMIAYU 01 BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40212048_Halaman Awal.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
40212048_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (55kB) |
||
Text
40212048_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (88kB) |
||
Text
40212048_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (247kB) |
||
Text
40212048_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (198kB) |
||
Text
40212048_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (51kB) |
||
|
Text
40212048_Daftar Pustaka.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
40212048_Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan realita yang ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran. Motivasi belajar yang baik dan memadai dapat mewujudkan pembelajaran efektif. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap pembelajaran efektif pada siswa kelas III SD Negeri Bumiayu 01 Brebes tahun pelajaran 2015/2016, 2) untuk mengetahui besarnya hubungan motivasi belajar terhadap pembelajaran efektif pada siswa kelas III SD Negeri Bumiayu 01 Brebes tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survey menggunakan angket dengan empat alternative jawaban. Populasi yang diambil yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri Bumiayu 01. Sampel yang diambil adalah keseluruhan dari populasi yaitu sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap pembelajaran efektif. Hal tersebut diperoleh dari perhitungan koefisien korelasi antara motivasi belajar terhadap pembelajaran efektif sebesar 0,896. Maka diketahui perhitungan rhitung 0,896 lebih belsar dari rtabel 0,423 (0,896>0,423). Maka taraf signifikan 5% HO ditolak sedangkan Ha diterima, maka dengan demikian terdapat korelasi positif signifikan antara varibel X (motivasi belajar) dengan variable Y (pembelajaran efektif). Serta besarnya hubungan morivasi belajar terhadap pembelajaran efektif pada siswa kelas III SD Negeri Bumiayu 01 Brebes tahun pelajaran 2015/2016 sebesar 80% sedangkan 20% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Pembelajaran Efektif, SD Negeri Bumiayu 1 |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 25 Mar 2017 09:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 09:47 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/24 |
Actions (login required)
View Item |