Anita, Larasati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III SD NEGERI 1 LUMBIR. Post-Doctoral thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213094_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
|
Text
40213094_BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (187kB) |
|
Text
40213094_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (215kB) |
|
Text
40213094_BAB 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (336kB) |
|
Text
40213094_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (541kB) |
|
Text
40213094_BAB 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (94kB) |
|
Text
40213094_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (176kB) |
|
Text
40213094_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (8MB) |
|
Text
40213094_ARTIKEL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (369kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Lumbir dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga kondisi kelas kurang efektif. Hal tersebut berdampak pada 64% siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SD Negeri 1 Lumbir dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan menggunakan desain one group pretest and posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 1 Lumbir. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan, baik menggunakan uji regresi linear sederhana maupun uji T, diperoleh hasil bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini, maka ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SD Negeri 1 Lumbir. Pengaruh yang ditimbulkan yaitu sebesar 67,1%. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Post-Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Berkirim Salam dan Soal, Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Siswa SD |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 14:37 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 14:37 |
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/241 |
Actions (login required)
View Item |