Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V DI SD NEGERI BUNIWAH 01 SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hasanah, Khoerotul (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V DI SD NEGERI BUNIWAH 01 SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40213019_Halaman_judul.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (1MB)
[img] Text
40213019_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (528kB)
[img] Text
40213019_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (627kB)
[img] Text
40213019_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (687kB)
[img] Text
40213019_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (882kB)
[img] Text
40213019_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (481kB)
[img] Text
40213019_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (390kB)
[img] Text
40213019_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (3MB)
[img] Text
40213019_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (647kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri Buniwah 01 Sirampog dikarenakan guru belum menggunakan model yang bervariasi sehingga kondisi kelas kurang efektif. Hal tersebut berdampak pada 64,2% siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Negeri Buniwah 01 kecamatan Sirampog, kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, pengambilan datanya menggunakan tes berupa soal Pretest dan Posttes. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, eksperimen untuk uji coba dalam penelitian ini mengarah pada pra-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri Buniwah 01 yang berjumlah 14 siswa, sedangkan teknik analisis menggunakan uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis puisi siswa Kelas v di SD Negeri Buniwah 01 kecamatan Sirampog, kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017, besarnya korelasi antara model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis puisi siswa sebesar 0,839 artinya terjadi hubungan yang sangat signifikan karena nilai tersebut mendekati 1, sedangkan besarnya pengaruh ditunjukan dengan uji regresi linear sederhana yang melihat R Square sebesar 0,705 hal ini mengandung arti bahwa model pembelajaran Concept Senetence terhadap keterampilan menulis puisi siswa meningkat sebsar 70,50% dan 29,50% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Concept Sentence, Keterampilan Menulis Puisi
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
800 Kesusasteraan > Retorik, Retorika dan Kumpulan Karya Sastra > Retorik Puisi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 23 Aug 2017 14:06
Last Modified: 23 Aug 2017 14:06
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item