Safitri, Nur (2017) STRATEGI ORANGTUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA MUTIARA HATI TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213165_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
||
Text
40213165_BAB1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (32kB) |
||
Text
40213165_Bab2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (98kB) |
||
Text
40213165_Bab3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (32kB) |
||
Text
40213165_Bab4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (660kB) |
||
Text
40213165_Bab5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (15kB) |
||
Text
40213165_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (18kB) |
||
|
Text
40213165_Lampiran.pdf Download (29MB) | Preview |
|
Text
40213165_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (35kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar pada anak merupakan hal yang penting, motivasi dapat tubuh dari dalam diri (intrinsik) dan dari luar (ekstrinsik). Motivasi belajar ekstrinsik dapat diperoleh dari orangtua, dan setiap orangtua memiliki strategi yang berbeda dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak. Persoalan yang dijawab penelitian ini adalah bagaimana strategi orangtua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati Bumiayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi orangtua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati Bumiayu tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu 12 orangtua siswa kelas rendah di Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan triangulasi teknik, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi orangtua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus yaitu dengan cara 1) memberikan pujian, 2) memberikan hadiah, 3) permainan, 4) memberikan pelatihan yang bertahap, 5) mengajari ketrampilan. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi orangtua di Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati kecamatan bumiayu tahun 2016/2017 dalam menumbuhkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus sangat beragam.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Orangtua, Motivasi, Anak Berkebutuhan Khusus |
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 158 Psikologi Terapan > Psikologi Keluarga, Hubungan Individu dengan Anggota Keluarga 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Sekolah Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 14:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 14:34 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/248 |
Actions (login required)
View Item |