Wulandari, Dwi Erni Agustina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 02 GUNUNG LURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213057_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
|
Text
40213057_Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (31kB) |
|
Text
40213057_Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (60kB) |
|
Text
40213057_Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (49kB) |
|
Text
40213057_Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (119kB) |
|
Text
40213057_Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (15kB) |
|
Text
40213057_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (16kB) |
|
Text
40213057_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (556kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Gunung Lurah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan experimen dan menggunakan one-group pretest-posttest design. Teknik sampel yang digunakan adalah non random dengan jumlah responden 27 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Gunung Lurah. Dengan persamaan regresi Y= -9,029 + 1,258X. Nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,939 dan besarnya pengaruh penggunaan model Explicit Instruction terhadap hasil belajar IPA adalah sebesar 88,2% sedangkan sisanya 11,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model Explicit Instruction.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Explicit Instruction, Alat Peraga, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 24 Aug 2017 13:00 |
Last Modified: | 24 Aug 2017 13:00 |
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/249 |
Actions (login required)
View Item |