Maulina, Rizatul (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEBIJAKAN REGROUPING SEKOLAH DASAR (Studi Kasus SD Negeri Tonjong 01, SD Negeri Tonjong 02, Dan SD Negeri Tonjong 03). Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213169_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
|
Text
40213169_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (32kB) |
|
Text
40213169_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (54kB) |
|
Text
40213169_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (26kB) |
|
Text
40213169_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (146kB) |
|
Text
40213169_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (20kB) |
|
Text
40213169_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (22kB) |
|
Text
40213169_ARTIKEL_JURNAL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (157kB) |
Abstract
Diawali adanya kebijakan regrouping Pemerintah Melalui Menteri Dalam Negrei Nomor 421.2/2501/Bangda/1998 tentang Pedoman Pelaksanaan Penggabungan Sekolah Dasar telah diterapkan SD Negeri Tonjong 01, SD Negeri Tonjong 02, dan SD Negeri Tonjong 03. Dari 62 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Kecamatan Tonjong hanya ketiga SD tersebut yang mengalami kebijakan regrouping. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tonjong 01, SD Negeri Tonjong 02, dan SD Negeri Tonjong 03 karena dari 62 sekolah yang ada di Kecamatan Tonjong hanya 3 SD tersebut yang menggalami kebijakan regrouping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kebijakan regrouping yang terjadi di SD Negeri Tonjong 01, SD Negeri Tonjong 02, dan SD Negeri Tonjong 03. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Dewan Guru, siswa dan wali murid SD Negeri Tonjong 01, SD Negeri Tonjong 02, dan SD Negeri Tonjong 03. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kebijakan regrouping yang terjadi di SD Negeri Tonjong 01, SD Negeri Tonjong 02, dan SD Negeri Tonjong 03, adalah 1) kekurangan murid, 2) terjadinya persaingan yang tidak sehat, 3) efisiensi tenaga kependidikan, 4) efisiensi Biaya, 5) akan dijadikan SD Unggulan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Regrouping, Sekolah Dasar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 379 Kebijakan Pendidikan 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 24 Aug 2017 13:58 |
Last Modified: | 24 Aug 2017 14:14 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/253 |
Actions (login required)
View Item |