Meliana, Uci (2017) PERAN GURU DALAM MENGELOLA KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SD NEGERI PAGOJENGAN 01 KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213176_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2019. Download (131kB) |
|
Text
40213176_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2019. Download (36kB) |
|
Text
40213176_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (49kB) |
|
Text
40213176_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (34kB) |
|
Text
40213176_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (101kB) |
|
Text
40213176_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (13kB) |
|
Text
40213176_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (10kB) |
|
Text
40213176_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (7MB) |
|
Text
40213176_ARTIKEL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (47kB) |
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang penting yang seharusnya dimiliki oleh siswa yang memiliki kebutuhan untuk meraih prestasi belajar yang baik di sekolah. Siswa dengan keterampilan emosional yang berkembang baik berarti kemungkinan besar ia akan berhasil dalam pelajaran, menguasai kebiasaan pikiran yang mendorong produktivitas mereka. Kecerdasan emosional pada siswa merupakan hal yang penting, kecerdasan emosional dapat tumbuh dari dalam diri siswa itu sendiri dan dari peran guru ketika di sekolah. Kecerdasan emosional dapat diperoleh dari guru dalam suasana pembelajaran, dan guru memiliki peran yang berbeda dalam mengelola kecerdasan emosional siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengelola kecerdasan emosional melalui pembelajaran siswa kelas V SD Negeri Pagojengan 01 Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru kelas V dan siswa kelas V di SD Negeri Pagojengan 01. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur, dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa peran guru dalam mengelola kecerdasan emosional siswa yaitu meliputi guru sebagai pengarah pembelajaran, guru sebagai motivator, guru sebagai konselor, guru sebagai evaluator, guru sebagai fasilitator. Dengan peran-peran tersebut, maka peran guru kelas V SD Negeri Pagojengan 01 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam mengelola kecerdasan emosional melalui pembelajaran sangat beragam. Kecerdasan emosional dalam hal ini diantaranya: siswa mampu memotovasi diri, mengelola emosi, mengenali emosi orang lain, mengenali emosi diri, dan mampu membina hubungan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Kecerdasan Emosional, Siswa SD |
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 13:53 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 13:53 |
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/256 |
Actions (login required)
View Item |