Andini, Dyah Ayu (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE FISHBOWL TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TINGGARJAYA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213103_HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 December 2020. Download (975kB) |
|
Text
40213103_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 December 2020. Download (92kB) |
|
Text
40213103_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 December 2020. Download (186kB) |
|
Text
40213103_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (139kB) |
|
Text
40213103_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (345kB) |
|
Text
40213103_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (94kB) |
|
Text
40213103_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (95kB) |
|
Text
40213103_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (9MB) |
|
Text
40213103_ARTIKEL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2020. Download (327kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan mencari berapa besar pengaruh penerapan metode fishbowl terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V SD Negeri 2 Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan desain pre experimen one shot case study. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampel, dengan jumlah sampel sebanyak 24 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes kinerja dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifkan antara penerapan metode fishbowl terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V SD Negeri 2 Tinggarjaya dengan persamaan regresi Y= 12,217 +0,912 X . Nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,886 dan besarnya pengaruh penerapan metode fishbowl terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V SD Negeri 2 Tinggarjaya adalah 8,978 dengan nilai signifikan adalah 0,000 (0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Metode Fishbowl, Mengemukakan Pendapat |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 29 Nov 2017 15:22 |
Last Modified: | 29 Nov 2017 15:22 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/282 |
Actions (login required)
View Item |