Khasanah, Alifia Uswatun (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN STRATEGI HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, Universitas Perdaban.
Text
40312026_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 8 April 2017. Download (371kB) |
||
Text
40312026_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (461kB) |
||
Text
40312026_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (529kB) |
||
Text
40312026_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (224kB) |
||
Text
40312026_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (281kB) |
||
Text
40312026_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (50kB) |
||
Text
40312026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (46kB) |
||
|
Text
40312026_LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Strategi Heuristik melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), apakah rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Strategi Heuristik lebih baik dari rata-rata representasi matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan model ekspositori, apakah terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Strategi Heuristik terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik random sampling. Data dianalisis dengan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata, dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil tes representasi matematis kelas eksperimen adalah sebesar 77,17 dan nilai rata-rata hasil tes representasi matematis kelas kontrol adalah sebesar 60,81. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen melampaui KKM yaitu 68 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes representasi matematis kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes representasi matematis kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Strategi Heuristik terhadap kemampuan representasi matematis siswa sebesar 89,9%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Strategi Heuristik efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pemebelajaran, Strategi Heuristik, Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran Problem Based Learning |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 05:22 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 06:11 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/29 |
Actions (login required)
View Item |