Rahmawati, Siti (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH TONJONG BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN MENURUT DAVID KEIRSEY. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40313030_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2020. Download (1MB) |
|
Text
40313030_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2020. Download (268kB) |
|
Text
40313030_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2020. Download (199kB) |
|
Text
40313030_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2020. Download (255kB) |
|
Text
40313030_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2020. Download (1MB) |
|
Text
40313030_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2020. Download (88kB) |
|
Text
40313030_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2020. Download (53kB) |
|
Text
40313030_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2020. Download (3MB) |
|
Text
40313030_ARTIKEL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2020. Download (46kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu standar kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Tonjong yang masih rendah perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan tipe kepribadian siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah kepribadian. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI IPA berdasarkan tipe kepribadian menurut David Keirsey. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar jawab UTS siswa, angket tipe kepribadian, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa tipe artisan kelompok tinggi mampu melalui empat tahap pemecahan masalah, yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan melihat kembali. Siswa tipe artisan kelompok rendah mampu melalui dua tahap pemecahan masalah, yaitu tahap memahami masalah dan membuat rencana. 2) Siswa tipe idealist kelompok tinggi mampu melalui empat tahap pemecahan masalah, yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan melihat kembali. Siswa tipe idealist kelompok rendah mampu melalui dua tahap pemecahan masalah, yaitu tahap memahami masalah dan membuat rencana. 3) Siswa tipe guardian kelompok tinggi mampu melalui empat tahap pemecahan masalah, yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan melihat kembali. Siswa tipe guardian kelompok rendah mampu melalui dua tahap pemecahan masalah, yaitu tahap memahami masalah dan membuat rencana. 4) Siswa tipe rational kelompok tinggi mampu melalui empat tahap pemecahan masalah, yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan melihat kembali. Siswa tipe rational kelompok rendah mampu melalui dua tahap pemecahan masalah, yaitu tahap memahami masalah dan membuat rencana.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tipe Kepribadian, David Keirsey, Kemampuan Matematis, SMA Muhammadiyah Tonjong |
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 155 Psikologi Perkembangan > Perkembangan Kepribadian, Kepribadian, Perkembangan Karakter, Motivasi Diri, Psikotest 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 07 Apr 2018 13:59 |
Last Modified: | 07 Apr 2018 13:59 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/299 |
Actions (login required)
View Item |