Maghfiroh, Siti Ari (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI SEGI EMPAT KELAS VII. Bachelor thesis, Universitas Perdaban.
Text
40312004_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (369kB) |
|
Text
40312004_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (149kB) |
|
Text
40312004_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (219kB) |
|
Text
40312004_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (196kB) |
|
Text
40312004_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (150kB) |
|
Text
40312004_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (16kB) |
|
Text
40312004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (60kB) |
|
Text
40312004_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Hasil UAS semester 1 mata pelajaran matematika kelas VII I SMP Negeri 1 Paguyangan tahun pelajaran 2015/2016 menunjukan bahwa nilai rata-ratanya mencapai 68,5, banyak siswa yang belum tuntas dengan KKM senilai 76. Peneliti juga melakukan investigasi yaitu analisis dua soal uraian matematika, diperoleh kemampuan pemahaman konsep matematika siswa rendah. Hasil wawancara dengan guru matematika juga diperoleh keterampilam proses siswa rendah. Peneliti tertarik dari masalah tersebut untuk melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran Discovery Learning bermuatan etnomatemaika, dengan merumuskan masalah secara umum yaitu pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning bermuatan etnomatemaika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa materi segi empat efektif. Jenis penelitian kuantitaf dan pendekatan eksperimen, dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasinya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyangan. Sampelnya yaitu kelas eksperimen VII I, kelas kontrol VII J, dan kelas uji coba VII A, dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis datanya dengan analisis data awal, analisis soal uji coba, dan analisis data akhir. Nilai rata-rata hasil tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen sebesar 82,87 dan kelas kontrol sebesar 72,54. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen melampaui 76 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Hasil perhitungan uji t juga diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y ̂=-8,198 +1,114X dan diperoleh pengaruh positif peningkatan keterampilan proses siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebasar 95,7%. Kesimpulam dari uraian diatas adalah penggunaan model pembelajaran Discovery Learning bermuatan etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa materi segi empat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajarana, Model Discovery Learning Bermuatan Etnomatematika, Kemampuan Pemahaman Konsep |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 06:08 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 06:08 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/30 |
Actions (login required)
View Item |