Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WINGEOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Casyo, Casyo (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WINGEOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40313007_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (883kB)
[img] Text
40313007_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (405kB)
[img] Text
40313007_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (540kB)
[img] Text
40313007_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (529kB)
[img] Text
40313007_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (458kB)
[img] Text
40313007_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (318kB)
[img] Text
40313007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (289kB)
[img] Text
40313007_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
40313007_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (122kB)

Abstract

Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model project based learning berbantuan wingeom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bungun rung kubus dan balok sub tema unsur-unsur dan luas permukanya. Keefektivan dilihat dari tingkat ketuntasan kemempuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen, perbandingan nilai rata-rata kemempuan pemecahan maslah matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh keterampilan proes siswa pada pemebelajaran dengan menggunakan model project based learning berbantuan wingeom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penedekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Ma’arif NU 4 Bantarkawung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen kelas VIII A dan kelas kontrol VIII B yang ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melampaui 73 dengan proporsi siswa yang tuntas 89%. Rata –rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen 79,86 lebih baik dibanding rata-rata kemempuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 72,50. Uji regresi sederhana menghasilkan Y ̂=26,931+0,634x menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa pada model pembelajran project based learning berbantuan wingeom terhadap kemampuan pemecahan maslah siswa sebesar 88%. Karena memenuhi ketiga kriteria maka disimpulkan bahawa pembelajaran menggunakan model project based learning berbantuan wingeom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model project based learning, Wingeom, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 08 Apr 2018 13:58
Last Modified: 08 Apr 2018 13:58
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item