Lestari, Winda (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP MA’ARIF NU PAGUYANGAN. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40313034_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2020. Download (827kB) |
|
Text
40313034_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2020. Download (223kB) |
|
Text
40313034_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2020. Download (161kB) |
|
Text
40313034_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2020. Download (486kB) |
|
Text
40313034_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2020. Download (503kB) |
|
Text
40313034_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2020. Download (193kB) |
|
Text
40313034_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2020. Download (200kB) |
|
Text
40313034_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 April 2020. Download (2MB) |
|
Text
40313034_ARTIKEL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 April 2020. Download (380kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, banyak siswa yang belum tuntas dengan KKM senilai 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran REACT dengan pedekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Ma’arif NU Paguyangan. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Ma’ariif NU Paguyangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VIII B dan kelas kontrol VIII A yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melampaui 70 dengan proporsi siswa yang tuntas 89%. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 79 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 66,24. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan RME, Model Pembelajaran REACT |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 08 Apr 2018 13:57 |
Last Modified: | 08 Apr 2018 13:57 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/302 |
Actions (login required)
View Item |