Isnaeni, Aulia (2016) EFEKTIVITAS MODEL APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN PENDEKATAN REFLECTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII. Bachelor thesis, Universitas Perdaban.
|
Text
40312007_HALAMAN AWAL.pdf Download (666kB) | Preview |
|
Text
40312007_BAB_I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (178kB) |
||
|
Text
40312007_BAB_II.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text
40312007_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (189kB) |
||
Text
40312007_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (204kB) |
||
Text
40312007_BAB_V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (122kB) |
||
|
Text
40312007_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (56kB) | Preview |
|
Text
40312007_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran ATI dengan pendekatan reflection pada materi bangun ruang, mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang diberi penerapan model pembelajaran ATI dengan pendekatan reflection dengan kelas yang menggunakan model ekspositori pada materi bangun ruang, dan untuk mengetahui pengaruh model ATI dengan pendekatan reflection terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas VIII A MTs Nurul Ulum Tonjong. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Tonjong tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Data dianalisis dengan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata, dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil tes pemecahan masalah kelas eksperimen adalah sebesar 81 dan nilai rata-rata hasil tes komunikasi matematis kelas kontrol adalah sebesar 76. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen melampaui KKM yaitu 72 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes pemecahan masalah kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y ̂=-70,537+1,930x menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas siswa yang menggunakan model ATI dengan pendekatan reflection terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 81,2%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model ATI dengan pendekatan reflection efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), Pendekatan Reflection, Kemampuan Pemecahan Masalah, Aktivitas, MTs Nurul Ulum Tonjong |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 07:12 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 07:12 |
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/31 |
Actions (login required)
View Item |