Azimaturrohmah, Azimaturrohmah (2015) EFEKTIFITAS STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA KELAS VII SMP AL-HIKMAH 02 BENDA TAHUN 2014/2015. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40311003_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2021. Download (666kB) |
|
Text
40311003_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2021. Download (229kB) |
|
Text
40311003_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2021. Download (88kB) |
|
Text
40311003_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2021. Download (294kB) |
|
Text
40311003_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2021. Download (403kB) |
|
Text
40311003_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2021. Download (11kB) |
|
Text
40311003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2021. Download (117kB) |
|
Text
40311003_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2021. Download (10MB) |
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah mengetahui kemampuan komunikasi matematika peserta didik materi statistika berupa pengumpulan data, pengolahan dan penyajian bisa melampaui KKM, mengetahui strategi Active Knowledge Sharing (AKS) bisa berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik, mengetahui rata-rata kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang menrapkan strategi Active Knowledge Sharing (AKS) lebih baik dari peserta didik yang menerapkan startegi konvensional. Subjek data yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-hikmah Benda Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan strategi Active Knowledge Sharing (AKS) dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, dan observasi. Sebelum diberi perlakuan pembelajaran, pada kedua kelompok terlebih dahulu dilakukan analisis data awal. Analisis data awal yang digunakan adalah uji normalitas dengan menggunakan Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengan menggunakan uji-F, dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan analisis data akhir, bahwa secara klasikal ketuntasan pada kemampuan komunikasi matematika mencapai lebih dari 75%. Selain itu diperoleh dengan r(0,01;25) = 0,505; r(0,05;25) = 0,396; dan = 51,4% sehingga diperoleh persamaan regresi. Karena rhitung> rtabel maka terdapat hubungan yang positif sebesar 0,684 dan besar kontribusi . Dan dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung: 6,075 > 1,71 dan sehingga Hoditerima, artinya nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang merapkan strategi Active Knowledge Sharing lebih tinggi/baik dari kelas kontrol yang menerapkan strategi konvensional. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan strategi Active Knowledge Sharing (AKS) efektif. Dari penelitian ini diharapkan strategi Active Knowledge Sharing (AKS) dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran, tetap damping dan selalu berikan arahan saat peserta didik sedang bertukar pengetahuan dengan peserta didik lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Strategi Active Knowledge Sharing (AKS), Kemampuan Komunikasi Matematika. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 15 Jul 2018 11:54 |
Last Modified: | 15 Jul 2018 11:54 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/329 |
Actions (login required)
View Item |