Mufarohah, Ismatun (2016) EFEKTIVITAS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40312016_Halaman Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
40312016_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (310kB) |
||
Text
40312016_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (547kB) |
||
Text
40312016_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (337kB) |
||
Text
40312016_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (387kB) |
||
Text
40312016_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (90kB) |
||
Text
40312016_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (11MB) |
Abstract
Hasil UAS gasal tahun 2015/2016 kelas VIII SMP Bustanul Ulum Paguyangan menunjukkan bahwa rata-rata nilai UAS matematika masih rendah di bawah standar KKM yaitu 72. Kemudian dilakukan analisis terhadap soal uraian UAS matematika dan diperoleh hasil kemampuan koneksi matematika siswa rendah. Setelah dilakukan observasi terhadap siswa dan wawancara terhadap guru matematika, ternyata aktivitas belajar siswa juga monoton. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan OEP untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan OEP lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. Efektivitas yang dimaksud adalah pembelajaran tuntas KKM, memiliki perbandingan yang lebih baik, dan berpengaruh positif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Bustanul Ulum Paguyangan tahun pelajaran 2015-2016. Teknik sampel dalam penelitian ini diambil secara random, terpilih kelas VIII A sebagai kelas uji coba, kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran CPS dengan pendekatan OEP, dan VIII F sebagai kelas kontrol yang dikenai model pembelajaran konvensional. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan uji One Sample Test, uji proporsi, uji Indenpendent Samples Test, uji Regression, dan uji R Square. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa mencapai 81,52 dengan persentase proporsi ketuntasan sebesar 89,74%, rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan OEP yaitu 81,52 lebih baik daripada rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 71,28, dan terdapat pengaurh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan koneksi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan OEP yaitu 82,5%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematika ,Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Open Ended Problem (OEP). |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 07:19 |
Last Modified: | 06 Apr 2017 07:19 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/34 |
Actions (login required)
View Item |