Juwanitasari, Juwanitasari (2016) EFEKTIVITAS MODEL ACTIVE LEARNING TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) BERBANTUAN KUIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PELUANG. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40312021_HALAMAN AWAL.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
40312021_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (243kB) |
||
Text
40312021_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (201kB) |
||
Text
40312021_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (197kB) |
||
Text
40312021_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (184kB) |
||
Text
40312021_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (42kB) |
||
Text
40312021_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI MAN 2 Brebes. Hal ini terlihat dari hasil tes soal investigasi didapatkan bahwa rata-rata nilai matematika masih dibawah standar KKM, dengan standar KKM adalah 75. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian menggunakan model Active Learning tipe Question Student Have berbantuan kuis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi peluang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Brebes tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Random Sampling. Data dianalisis dengan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil tes pemahaman konsep matematis siswa melampaui 75 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen adalah 79 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol yaitu 72. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y ̂=9,255+0,877x yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan aktivitas siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 84,2%. Uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Active Learning tipe Question Student Have berbantuan kuis efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Active Learning, Question Student Have, Pemahaman konsep matematis, MAN 2 Brebes |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 07:39 |
Last Modified: | 06 Apr 2017 07:39 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/35 |
Actions (login required)
View Item |