Afidah, Irma (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN KONSTSRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII. Masters thesis, Universitas Peradaban.
Text
40314009_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2023. Download (717kB) |
|
Text
40314009_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (297kB) |
|
Text
40314009_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (354kB) |
|
Text
40314009_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (477kB) |
|
Text
40314009_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (394kB) |
|
Text
40314009_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (203kB) |
|
Text
40314009_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Setelah dilakukan observasi terhadap siswa dan wawancara terhadap guru matematika, ternyata keterampilan proses siswa juga rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Guided Discovery dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Populasinya siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 4 Bantarkawung. Sampelnya yaitu kelas eksperimen VII A, kelas kontrol VII D, dan kelas uji coba VIII B., dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan uji ketutasan rata-rata keampuan pemahaman konsep matematika siswa, uji proporsi ketuntasan rata-rata , uji beda rata-rata dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata keampuan pemahaman konsep matematika melampaui 75 dengan proporsi siswa tuntas lebih 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 82,81 lebih bail daripada rata-rata kemmpuan pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol yaitu 62,78. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y ̂ = –52,951 + 1,791X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa sebesar 79,1%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan model pembelajaran Guided Discovery dengan pendekatan konstruktivisme efektif terhadap kemampuan peahaman konsep mateatika siswa SMP kelas VII.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Kemampuan Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses, Guided Discovery, Pendekatan Konstruktivisme |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan > Sekolah Lanjutan Tingkat Pertaman (SLTP) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 01 Dec 2018 04:07 |
Last Modified: | 01 Dec 2018 04:07 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/363 |
Actions (login required)
View Item |