Handoko, Muhamad Catur (2018) EFEKTIVITAS METODE DISKUSI BERBASIS HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40314013_HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (1MB) |
|
Text
40314013_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (343kB) |
|
Text
40314013_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (305kB) |
|
Text
40314013_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (616kB) |
|
Text
40314013_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (714kB) |
|
Text
40314013_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (150kB) |
|
Text
40314013_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (155kB) |
|
Text
40314013_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini latarbelakang kemampuan pemecahan masalah mateatika siswa yang masih rendah ditunjukkan dengan pemberian soal investigasi dari jumlah populasi kelas VII diambil sampel secara acak yaitu dikelas VII D dimana dari total siswa 30 orang hanya 36,7% siswa menjawab benar dan 63,3% siswa masih menjawab dengan salah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari metote diskusi berbasis Handout tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi siswa kelas VII SMP negeri 3 Margasari. Sampelnya yaitu kelas eksperimen VII D, kelas kontrol VII F Sample Random Sampling. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan uji ketuntasan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, uji proporsi ketuntasan rata-rata, uji beda rata-rata uji beda rata-rata dan uji regrasi linear sederhan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan matematika siswa melampaui 73 denga proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 60 lebih baik dari pada nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 57. Uji regrasi sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 69,3%. Kesimpulan dari muraian diatas adalah penggunaan metode diskusi berbasis Handout efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi segitiga dan segiempat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi Berbasis Handout, Aktivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Ilmu Ukur, Geometri, Trigonometri |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 01 Dec 2018 04:07 |
Last Modified: | 01 Dec 2018 04:07 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/364 |
Actions (login required)
View Item |