Rini, Mega Eka (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INQURY DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 03 TIPAR KIDUL KECAMATAN AJIBARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213030_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
40213030_BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (135kB) |
|
Text
40213030_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (208kB) |
|
Text
40213030_BAB 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2023. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (177kB) |
|
Text
40213030_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2023. Download (185kB) |
|
Text
40213030_BAB 5.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (100kB) |
|
Text
40213030_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (97kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V B di SD Negeri 03 Tipar Kidul .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Inqury dengan Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekseperiment dengan bentuk Nonequivalent Control Group Desaign dengan desain pretest-postest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 03 Tipar Kidul. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Tipar Kidul yang berjumlah 54 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi. Hasil uji statistik T-test Idependent sample t-test yang dilakukan, nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 dan nilai t hitung pada penelitian ini adalah 2,472 lebih besar dari pada t tabel 2,400. Maka dapat diambil keputusan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Inqury dengan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA di SD Negeri 03 Tipar Kidul. Hasil perbandingan penggunaan model pembelajaran Inqury dan Discovery Learning dilihat berdasarkan hasil nilai postest dengan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inqury sebesar 80,74, sedangkan nilai rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 74,44. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya agar mengkaji penelitian ini lebih mendalam mengenai model pembelajaran yang lebih efektif untuk memperbaiki dan mengembangkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inqury Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 12 Dec 2018 07:50 |
Last Modified: | 12 Dec 2018 07:50 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/370 |
Actions (login required)
View Item |