Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III MI MIMBARUL HUDA LANGKAP TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Mawaddah, Ema Nurul (2018) PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III MI MIMBARUL HUDA LANGKAP TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40214050_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214050_BAB I.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214050_BAB II.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214050_BAB III.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214050_BAB IV.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214050_BAB V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214050_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214050_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai ulangan harian kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III MI Mimbarul Huda Langkap yang disebabkan pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru. Adapun rumusan masalahnya yaitu, apakah terdapt pengaruh dan seberapa besar pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III MI Mimbarul Huda Langkap. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan buku cerita bergambar terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III MI Mimbarul Huda Langkap Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan Pre - experimental Design sebagai pendekatan penelitianya, bentuk Pre - experimental Design yang digunakan adalah One Group Pretest–Posttest Design. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan uji T dengan SPSS 23.0. Hasil dari penelitian buku cerita bergambar ini diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III MI Mimbarul Huda yaitu 73 dengan presentase siswa yang tuntas melebihi 76%. Kesimpulan dari uraian di atas adalah penerapan buku cerita bergambar berpengaruh karena pada keterampilan membaca pemahaman siswa. Karena hasil thitung sebesar 8,669, sedangkan ttabel dengan df n-1 (25-1= 24) dan Sig. 5% dua pihak (0,05/2= 0,025) adalah sebesar 2,492, sehingga dapat diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 8,669 > 2,492. Hal ini mengandung arti bahwa terdapat pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman. Peneliti selanjutnya sebaiknya lebih memperdalam kajian penelitian ini atau mengkaji media pembelajaran lainnya yang dapat mengembangkan kemampuan membaca. .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita, Cerita Bergambar, Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 03 Feb 2019 04:52
Last Modified: 03 Feb 2019 04:52
URI: https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item View Item