Fauzyi, Hanni (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SD. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40214053_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
40214053_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (118kB) |
|
Text
40214053_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (131kB) |
|
Text
40214053_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (146kB) |
|
Text
40214053_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (208kB) |
|
Text
40214053_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (95kB) |
|
Text
40214053_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (84kB) |
|
Text
40214053_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tinggarjaya yang tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes pemecahan masalah siswa yang sebagian besar di bawah KKM serta berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Tenik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD sebesar 69,90%, Sedangkan 30,10% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 03 Feb 2019 04:52 |
Last Modified: | 03 Feb 2019 04:52 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/398 |
Actions (login required)
View Item |