Astuti, Widi (2018) PENGEMBANGAN STUDENT WORK SHEET IPA BERBASIS PENDEKATAN DISCOVERY UNTUK SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDA’IYAH. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40214077_HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (742kB) |
|
Text
40214077_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (217kB) |
|
Text
40214077_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (347kB) |
|
Text
40214077_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (362kB) |
|
Text
40214077_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (601kB) |
|
Text
40214077_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (88kB) |
|
Text
40214077_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (295kB) |
|
Text
40214077_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Hasil analisis kebutuhan menunjukkan sebagian hasil belajar mata pelajaran IPA, siswa belum mampu memenuhi KKM IPA sebesar 65,sekolah membutuhkan LKS yang bervariasi untuk menarik perhatian siswa belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas LKS IPA berbasis pendekatan discovery. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Research and Development/ R&D dengan design one group pretest postest design. Model penelitian dan pengembangan penelitian menggunakan desain Pendekatan ADDIE. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma’Arif NU 01 Krajan dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan uji banding. Hasil penelitian diperoleh (1) LKS IPA berbasis pendekatan discovery valid dan layak digunakan berdasarkan uji validasi ahli materi dan ahli media memperoleh rata-rata skor 3,30 dan 3,95 dengan kriteria sangat baik, (2) LKS IPA Berbasis pendekatan discovery dapat menigkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi gaya dan gerak, ditunjukkan dari hasil uji t test yaitu rata-rata hasil posttest > rata-rata hasil pretest yaitu79 > 53
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Worksheet, LKS, IPA, Pendekatan Discovery, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 04:30 |
Last Modified: | 14 Mar 2019 04:30 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/413 |
Actions (login required)
View Item |