Ma’arif, Amin (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI 02 PANINGKABAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40214082_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (604kB) |
|
Text
40214082_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (278kB) |
|
Text
40214082_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (322kB) |
|
Text
40214082_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (515kB) |
|
Text
40214082_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (452kB) |
|
Text
40214082_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (255kB) |
|
Text
40214082_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (19kB) |
|
Text
40214082_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (521kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini ditemukansebagianbesarsiswa kelas III SD Negeri 02 Paningkaban memilikihasilbelajar IPS yang rendah. Selainitu, ditemukan pula dalampembelajaran guru masihmenggunakanmodel pembelajarankonvensional. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui apakah terdapat perbedaan model pembelajaran kepala bernomor struktur dan model pembelajaran think pair share (TPS) ditinjau dari hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 02 Paningkaban Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimenberbentukPosttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Paningkaban Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 45 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuhsehinggaseluruhpopulasidijadikansampelpenelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasidan tes. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis uji T sampelindependen. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh –ttabel> thitung, yaitu -2,397 > -3,087. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran kepala bernomor struktur dan model pembelajaran think pair share (TPS) ditinjau dari hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 02 Paningkaban Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen II (model pembelajaran think pair share (TPS)) lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen I (model pembelajaran kepala bernomor struktur), yaitu 75,80> 66,21.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Hasil Belajar, IPS |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 04:30 |
Last Modified: | 14 Mar 2019 04:30 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/415 |
Actions (login required)
View Item |