Rahmawati, Riska (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PATIKA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS 2 SD NEGERI SEDESA ADISANA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40214111_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (936kB) | Preview |
|
|
Text
40214111_BAB I.pdf - Accepted Version Download (369kB) | Preview |
|
Text
40214111_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (441kB) |
||
Text
40214111_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (433kB) |
||
Text
40214111_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (853kB) |
||
Text
40214111_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (154kB) |
||
|
Text
40214111_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (267kB) | Preview |
|
Text
40214111_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2025. Download (5MB) |
Abstract
Hasil belajar kognitif matematika pada materi perkalian dan pembagian kelas 2 SD Negeri di Desa Adisana masih rendah. Hal ini dikarenakan tidak adanya media menarik yang dapat membantu siswa memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PATIKA (papan stik matematika), mengetahui tingkat validitas media dan mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media PATIKA.Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, desain, development, implementation, serta evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Adisana 04. Data penelitian ini diperoleh menggunakan angket kevalidan, dan hasil belajar kognitif posttest.Berdasarkan hasil penelitian,hasil dari kevalidan media mendapatkan nilai rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif. Rata-rata hasil belajar kognitif posttest kelas kontrol sebesar 70 dan hasil posttest kelas eksperimen sebesar 83. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif matematika siswa kelas eksperimen yang tuntas melampaui 75%. Dari hasil uji statistik menggunakan uji-t pada spss didapatkan nilai sebesar dan sebesar . Sehingga hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kelas eksperimen dengan nilai kontrol atau secara statistik rata-rata nilai kelas eksperimen dengan menggunakan media PATIKA lebih baik dari kelas kontrol yang tidak menggunakan media PATIKA.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media PATIKA, Hasil Belajar Kognitif Matematika, Media Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 06:52 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 06:52 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/441 |
Actions (login required)
View Item |