Edy, Aenun Rizki (2018) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR TEMA 1 MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 SAMBIRATA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40214122_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Download (758kB) | Preview |
|
|
Text
40214122_BAB I.pdf - Accepted Version Download (211kB) | Preview |
|
Text
40214122_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (356kB) |
||
|
Text
40214122_BAB III.pdf - Accepted Version Download (232kB) | Preview |
|
Text
40214122_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2025. Download (297kB) |
||
|
Text
40214122_BAB V.pdf - Accepted Version Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
40214122_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (295kB) | Preview |
|
Text
40214122_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2025. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas IV yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu kemungkinan penyebab yang ditimbulkan ialah pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung bersifat konvensional. Upaya mengatasi persoalan tersebut bisa dengan penerapan pendekatan Keterampilan Proses dan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran khususnya terkait dengan keefektifannya terhadap prestasi belajar siswa. Rumusan penelitian ini apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA siswa dengan menggunakan pendekatan Keterampilan Proses dan pendekatan Saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan bentuk Quasy eksperimental Design menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sample yang digunakan adalah Cluster Random Sampling dengan jumlah sampel 73 siswa. Hasil uji statistik Independent Sampel T-Test yang dilakukan, nilai signifikansi < 0,05 dan nilai t hitung pada penelitian ini adalah = -2.371 lebih kecil dari t tabel 1,666. Maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Alternatif Ha ditolak tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara pendekatan Keterampilan Proses dan pendekatan Saintifik tema 1 mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 01 Sambirata Saran untuk guru pembelajaran dengan pendekatan Keterampilan Proses dan pendekatan Saintifik dapat dijadikan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar,Keterampilan Proses, Saintifik |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 12 Oct 2019 04:33 |
Last Modified: | 12 Oct 2019 04:33 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/444 |
Actions (login required)
View Item |