Pratama, Erika Joni (2018) PERBANDINGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SD NEGERI WANAREJA 01. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40214131_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
40214131_BAB 1.pdf - Accepted Version Download (176kB) | Preview |
|
Text
40214131_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (197kB) |
||
|
Text
40214131_BAB 3.pdf - Accepted Version Download (436kB) | Preview |
|
Text
40214131_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (226kB) |
||
|
Text
40214131_BAB 5.pdf - Accepted Version Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
40214131_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (268kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang sering digunakan pada pembelajaran di kelas IV SD Negeri Wanareja 01 yaitu model contextual teaching and learning dan problem based learning yang berhasil dalam peningkatan hasil belajar siswa, tetapi dalam kaitannya dengan sikap tanggung jawab siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran contextual teaching and learning dan problem based learning terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas IV SD Negeri Wanareja 01. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain quasi experimental design. Subyek penelitiannya siswa kelas IV SD Negeri Wanareja 01 yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung < ttabel yaitu dengan nilai -0,138 < 1,68023 sehingga dapat diartikan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Dapat disimpulkan bahwa Tidak ada perbedaan model contextual teaching and learning dan problem based learning terhadap sikap tanggung jawab siswa di kelas IV SD Negeri Wanareja 01. Tidak adanya perbedaan dikarenakan dengan hasil independents sample T-test yang di peroleh sama yaitu -0,138. Didalam pembelajaran dikelas sendiri hampir sama, karena kedua model tersebut sama-sama model pembelajaran yang kegiatan pembelajarannya berpusat pada siswa (student centred).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning, Problem Based Learning |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 08:01 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 08:01 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/451 |
Actions (login required)
View Item |