Safitri, Siti Ekha (NIM.40314025) (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MARGASARI. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40314025_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
40314025_BAB 1.pdf - Accepted Version Download (286kB) | Preview |
|
Text
40314025_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (374kB) |
||
|
Text
40314025_BAB 3.pdf - Accepted Version Download (405kB) | Preview |
|
Text
40314025_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (519kB) |
||
|
Text
40314025_BAB 5.pdf - Accepted Version Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
40314025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (188kB) | Preview |
|
Text
40314025_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2025. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil PTS Semester 2 mata pelajaran matematika kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII. Keefektifan dilihat dari model pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning dapat melampaui KKM, perbandingan antara model Creative Problem Solving dan Resource Based Learning dengan model konvensional, serta besar pengaruh dari model Creative Problem Solving dan Resource Based Learning. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Random Sampling. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai siswa yang diajar dengan menggunakan model Creative Problem Solving dan Resource Based Learning melampaui 73 dengan proporsi siswa yang tuntas 87,09% dan 87,5%. Hasil rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas Creative Problem Solving dan Resource Based Learning adalah 82,94 lebih baik dibandingkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 69,26. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y ̂=a+bx=-308,606+6,130x dan Y ̂=a+bx=-255,313+5,267x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 62,7% dan 83,2%. Karena memenuhi keempat kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving, Resource Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan > Sekolah Lanjutan Tingkat Pertaman (SLTP) 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Nidzom Muhammad |
Date Deposited: | 27 Oct 2019 07:53 |
Last Modified: | 27 Oct 2019 07:53 |
URI: | https://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/491 |
Actions (login required)
View Item |